post

Cerpen Ririn: Aku Bangga Menjadi Warga Indonesia

Cerpen Ririn: Aku Bangga Menjadi Warga Indonesia

AKU BANGGA MENJADI WARGA INDONESIA
Karya : Ririn Septiani Chang

Pada suatu hari, hiduplah seorang anak bernama Rini. Dia anak yatim piatu, tinggal bersama neneknya. Rini anak yang baik, rajin, dan pintar. Jika ada waktu luang dia akan datang ke perpustakaan.
Suatu siang, Rini pergi ke perpustakaan bersama temannya yang bernama Lina. Sesampainya di perpustakaan, dia berjalan ke rak sejarah untuk mencari buku perjuangan kemerdakaan Indonesia.
Rini membuka halaman di saat Jepang masuk ke Indonesia. Tiba-tiba saja Rini masuk ke dalam buku itu. Di sana ia melihat Jepang ingin menguasai Indonesia.
“Jika kalian ingin membantu saya, maka kalian akan kuberikan kemerdekaan” kata seorang pemimpin dari Jepang.
“Baiklah, kami akan membantu kalian” ujar seorang warga Indonesia.
Akhirnya, mereka membentuk BPUPKI. Di sana Rini berjalan ke tempat di mana semua anggota BPUPKI sedang melakukan sidang pertama mereka, yang membahas tentang dasar Negara Indonesia. Yang megusulkan dasar Negara adalah Ir. Soekarno, Dr. Soepomo, dan Mohammad Yamin.
Rini berjalan lagi ke tempat dimana Sutan Syahrir mendengar radio, dan tidak sengaja mendengar bahwa jepang telah menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Setelah mendengar hal tersebut Sutan Syahrir mengunjungi Ir. Soekarno.
“Bung Karno, saya mendengar Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada “Negara Sekutu”. Jadi ayo kita buat proklamasi kemerdekaan kita.”.Ujar Sutan Syahrir.
“Aku tidak setuju. Mereka telah berjanji akan memberikan kita kemerekaan. Jadi saya percaya bahwa mereka akan memberikan kita kemerdekaan”, tolak Bung Karno.
Setelah lama berbincang, Bung Karno tetap percaya bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan, sehingga dia menyuruh Sutan Syahrir pulang. Akhirnya Sutan Syahrir pulang dan dia menyusun rencana untuk menculik Ir.Soekarno.
Rini berjalan lagi ke zaman saat Sutan Syahrir merundingkan tentang membuat Indonesia merdeka, sampai akhirnya Bung Karno setuju. Dan mereka kembali ke Indonesia untuk membuat proklamasi Indonesia.
Rini kembali berjalan ke tempat di mana Bung Karno dan yang lainnya sedang mengibarkan bendera dan Bung Karno membacakan proklamasi kemerdekaan. Dan akhirnya Indonesia merdeka.
Setelah selesai, Rini keluar dari buku dan dia melihat Lina sedang menunggunya di sana.
“Lina, maaf ya, sudah membuatmu lama menunggu.”
“Aku sedang mencari mu kemana-mana. Sudahlah tidak apa-apa. Yang penting kamu udah datang. Ayo kita pulang”, ujar Lina sembari menggandeng tangan Rini.

SKM Selatpanjang, Agustus 2018

Sumber : Mading SMPS Kasih Maitreya Tahun 2018
Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dibuat oleh siswa SMPS Kasih Maitreya. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak/menciplak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak pembuat konten maupun dari pihak Sekolah Kasih Maitreya.

Follow us Instagram @sekolahkasihmaitreya

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.